18-3-2015
Dalam mengajar, seorang pendidik pasti mengalami proses pencarian metode terbaik dalam mengajar anak didiknya. Proses pencarian metode tidak banyak dipengaruhi oleh teori-teori yang telah diketahuinya, namun lebih dihasilkan dari dalam dirinya sendiri. Karena setiap pendidik punya karakternya masing-masing, gaya mengajarnya masing-masing, pun juga anak didik-anak didiknya masing-masing. Bahkan untuk pendidik yang mengajar di kelas yang berbeda, sangat dimungkinkan cara dia mengajar juga berbeda pula.
Dalam mengajar, seorang pendidik pasti mengalami proses pencarian metode terbaik dalam mengajar anak didiknya. Proses pencarian metode tidak banyak dipengaruhi oleh teori-teori yang telah diketahuinya, namun lebih dihasilkan dari dalam dirinya sendiri. Karena setiap pendidik punya karakternya masing-masing, gaya mengajarnya masing-masing, pun juga anak didik-anak didiknya masing-masing. Bahkan untuk pendidik yang mengajar di kelas yang berbeda, sangat dimungkinkan cara dia mengajar juga berbeda pula.
Ada kalanya dia sukses besar menemukan metode yang super jitu untuk mendidik, namun ada kalanya metode itu menjadi sangat tidak jitu pada kondisi tertentu. Pendidik dituntut untuk bisa cepat berimprovisasi dalam berbagai macam situasi
Proses transfer ilmu pun akan berjalan dengan lancar tatkala sang pentransfer ilmu (pendidik) dan yang ditransfer ilmu (peserta didik) merasakan kebahagiaan dalam proses belajar mengajar. Karena tidak hanya peserta didik saja yang membutuhkan kenikmatan dalam kegiatan belajar mengajar, guru pun sangat sangat membutuhkannya.
Comments
Post a Comment