Skip to main content

TEMAN


TEMAN

Adegan 1:   Soleh  dipanggil temannya, Andi. Soleh pun mendekat tapi tiba-tiba Andi berkata, “anak monyet datang. Anak monyet datang” (nada tukang monyet). Sontak teman-teman Andi  yang ada di sekitarnya dan Andi sendiri tertawa terbahak-bahak. Soleh pun balik arah dengan wajah kecut.
Adegan 2: Soleh sekali lagi dipanggil temannya, Zen. Zen termasuk dari teman-teman kelompok Andi. Awalnya soleh meragukan panggilan itu karena bisa jadi itu hanya akan berakhir dengan ejekan seperti hari kemaren. Namun zen bersikeras akan memberitahukan hal yang penting dan Soleh pun mendekati Zen. Ketika soleh berjalan, tiba-tiba Andi menjulurkan kakinya dan Soleh pun terjatuh. Mereka pun tertawa terbahak-bahak. Andi pun balik dengan wajah kecut.
Adegan 3: Guru masuk kelas. Guru meminta setiap siswa mengeluarkan buku paket. Jika ada yang tidak bawa, disuruh berdiri dan akan dihukum. Soleh yang duduk tak jauh dari Andi melihat Andi tampak kebingungan mencari buku paket di tas. Tiba-tiba soleh memberikan buku paketnya ke Andi dan dia berdiri. Guru pun menghukumnya dengan memukulnya. Andi pun kaget dan merasa tidak enak pada Soleh.
Adegan 4:  Andi dan teman-temannya menghampiri soleh yang duduk sendirian. Mereka semua minta maaf kepadanya karena sudah sering mengerjainya. Andi pun bertanya tentang kenapa Soleh mau membantunya padahal Soleh selalu dikerjainya. Soleh pun menjawab,” kata ibu, aku itu gak boleh jahat ke orang lain. Jika yang lain jahat terus aku balas jahat pula. Itu sama saja aku orang jahat juga. Jadi aku gak mau membalas kejahatan orang lain dengan kejahatan pula. Aku malah akan membalasnya dengan kebaikan”. Andi dan teman-temannya terharu dan semuanya merangkul Soleh dan kembali meminta maaf.
Adegan 5: Guru masuk kelas dan meminta siswa mengeluarkan buku paketnya. Jelas, yang tidak bawa akan dihukum. Soleh melihat ke arah Andi, dia masih tampak kebingungan mencari-cari bukunya di tas. Soleh pun akan berdiri dan akan memberikan bukunya pada Andi tapi tiba-tiba Andi mengeluarkan bukunya. Ternyata Andi hanya mengerjai soleh. Soleh pun senang dan tersenyum. Andi juga tersenyum. Kemudian mereka berdua melakukan tos.
                 Adegan dipause dan narator memberitahukan hikmah dari cerita itu. Bahwa teman yang baik adalah teman yang tidak membalas kejelekan temannya dengan kejelekan pula. Ia malah akan membalasnya dengan kebaikan. Dan ternyata hasilnya sangat ampuh. Temannya yang suka menjahilinya malah meminta maaf dan sekarang jadi anak yang baik.

Bismillah, budaaaall..!!

http://sekarangbelajaryuk.blogspot.co.id/

Comments

Popular posts from this blog

GADIS KECIL ITU

Semua nampak senang berfoto dengan teman ataupun keluarga mereka dengan balutan toga putih hijau. Ya, hari ini adalah hari wisuda mereka. Namun tidak dengan Tutik. Tak ada satupun keluarganya yang datang. Dia menoleh ke kanan dan ke kiri, namun hanya raut bahagia dari teman-temannya dan keluarga mereka yang nampak. Tiba-tiba saja salah seorang teman Tutik mengajak berfoto. Tutik tersenyum. Namun hatinya tidak. *** Tutik rebahkan badannya di kasur kamar. Ia pandangi langit-langit kamar sambil memikirkan acara wisudanya tadi. Sejurus kemudian Tutik ambil hpnya dan membuka facebook . Ia tuliskan ‘hari yang bahagia (harusnya), wisuda yang bahagia (harusnya), keluarga yang bahagia (harusnya)’ *** Aku kaget melihat status Tutik. Tutik yang selama ini kukenal tegar tiba-tiba jadi rapuh. Aku hanya sedikit menyesalkan apa yang Tutik lakukan. Dia boleh sedih namun lebih baik tidak menampakkannya, apalagi mengumbarnya. Aku yakin Allah sudah menyiapkan pahala yang tera...

MENGAJAR YANG BAIK

Bismillah, budaaaall..!! Mengajar bukan hal yang sederhana. Tak cukup seseorang itu pintar dan dipastikan dia akan mengajar dengan baik. Mengajar adalah sebuah seni. Seni dari seorang seniman (guru) membuat karya yang hebat (siswa yang bisa menikmati pelajaran). Dan ini sama sekali bukan pekerjaan mudah. Karena di dalam kelas ada banyak siswa yang punya karakter berbeda-beda. Di sinilah tugas guru, yaitu bagaimana membuat semua siswa semangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Agar siswanya bisa semangat, guru harus memperhatikan apa-apa yang disukai siswanya. Diantaranya, siswa itu suka jika semua pekerjaannya dihargai. Seperti setiap catatannya, setiap tugasnya, dan setiap semua yang diperintahkan guru. Jadi rekaplah semuanya. Misalkan satu pertemuan nulis satu catatan, ya hitunglah itu satu. Jika satu semester ada 15 catatan, ya hitunglah itu 15 catatan. Begitu juga dengan tugas atau misalkan ada praktek, lakukan hal serupa seperti catatan. Agar lebih mudah merekapnya, berila...

GAMBAR-GAMBAR INSPIRATIF

Bismillah, budaaaall..!! Mungkin kamu bingung, “kok usahaku harus lebih keras? Padahal ujung wortelnya kayaknya sama”. Di sinilah tantangannya. Sanggupkah kamu bertahan untuk terus kerja keras pada hal yang nampak biasa saja tapi kok memerlukan usaha keras. Padahal ternyata hasilnya begitu luar biasa J Nuruti egois ya gak ada habisnya. Cobalah sejenak berpikir jernih, dan mengalahlah. Dan hasilnya malah luar biasa J Kamu mungkin gak sempurna. Tutupi saja kekuranganmu dengan caramu sendiri. Buatlah kebahagiaanmu sendiri J Kadang kamu males ngerjain suatu hal. Buat aja tekanan, seperti dapet hadiah jika sukses ngerjainnya. InsyaAlloh, semangatmu akan berlipat-lipat J Semua orang milih jalan yang sama. Karenanya di sana harus berdesak-desakan gak karuan. Kamu, carilah jalan sendiri. Jalan yang sebenarnya mudah dilalui dan gak banyak orang tau, jadi gak us...